Hewan Qurban

Keutamaan Berqurban pada Idul Adha

Idul Adha merupakan salah satu hari besar bagi umat Islam. Pada hari tersebut, umat Islam yang mampu secara ekonomi akan menyembelih hewan kurban.

Tahukah kamu? Selain memperoleh pahala, Ada banyak keutamaan berqurban Idul Adha yang dapat kamu peroleh.

Perayaan Idul Adha sendiri bertujuan untuk memperingati dan mengetahui sejarah peristiwa pengujian ketabahan Nabi Ismail. Pada saat itu, Nabi Ismail tak menolak disembelih oleh Nabi Ibrahim, meskipun pada akhirnya digantikan seekor kambing oleh Allah SWT.

 

Keutamaan Berqurban pada Idul Adha

  1. Sebagai saksi amal di hadapan Allah

    Qurban juga menjadi saksi amal kita di hadapan Allah SWT. Dengan berqurban, insya Allah kita akan memperoleh ganjaran berlipat-lipat dari Allah. Selain itu, hewan yang telah kita qurbankan kelak akan menjadi saksi di hari akhir nanti. Hal ini sesuai dengan hadis nabi yang diriwayatkan oleh Ahmad dan Ibnu Majah. Dalam hadits tersebut disebutkan, bahwa setiap lembar bulu dari hewan yang dikurbankan akan mendatangkan satu kebaikan.

  2. Sebagai sarana meningkatkan ketaqwaan

    Dalam kitab Al-Qur’an, berqurban merupakan salah satu perintah yang tertera jelas di dalamnya. Selain itu, berkurban juga dapat dijadikan suatu amal baik apabila dikerjakan. Lagi pula, ibadah kurban sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh orang yang memiliki harta berkecukupan atau lebih. Tak hanya itu, anjuran berkurban juga dimaksudkan untuk meningkatkan ketakwaan dan keimanan. Kegiatan berqurban ini juga mengajak umat muslim untuk menjalankan apa yang diperintahkan oleh Allah sebagaimana yang tertulis dalam Al Qur’an.

  3. Berqurban Idul Adha sebagai pengingat bahwa segalanya milik Allah

    Seperti yang kita yakini, segala sesuatu merupakan milik Allah. Bahkan, harta benda pun hanyalah titipan yang diberikan oleh Allah agar kita bisa menjaganya dan memanfaatkannya untuk kebaikan. Dengan berqurban, diharapkan kita bisa menyadari jika harta benda dan segalanya yang di langit dan bumi merupakan milik Allah.

  4. Taat terhadap perintah Allah

    Mungkin secara langsung kamu dapat mengerti salah satu makna yang tersirat dalam kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail, yakni taat kepada perintah Allah. Saat mendengar perkataan Nabi Ibrahim jika ia harus disembelih, Ismail tak menolaknya. Bahkan, justru meneguhkan keyakinan jika itu merupakan perintah Allah.
    Hal ini juga sesuai dengan firman Allah, QS Al Hajj ayat 34. Dalil qurban tersebut menyebutkan bahwa Allah memerintahkan pada umatnya untuk berqurban dengan menyebut nama Allah. Dan Allah akan memberikan kabar gembira bagi mereka yang tunduk dan patuh kepada Allah.

  5. Sebagai sarana memupuk empati sesama

    Seperti yang kita tahu, ibadah qurban wajib hukumnya dikerjakan oleh orang yang memiliki ekonomi lebih. Selain untuk meningkatkan ketaqwaan dan keimanan terhadap  Allah SWT, qurban juga berfungsi sebagai pemupuk rasa kepedulian terhadap sesama. Apabila kamu termasuk dalam kategori ekonomi mampu, tak ada salahnya jika kamu ikut berqurban. Dengan berqurban, kita dianjurkan untuk menyisihkan sebagian harta untuk berbuat kebaikan dan berbagi kepada orang yang membutuhkan.

  6. Berqurban Idul Adha Mengikuti ajaran Nabi Ibrahim

    Salah satu makna qurban pada Idul Adha yang lainnya yaitu mengikuti dan menghidupkan ajaran dari Nabi Ibrahim. Sebagaimana yang kita tahu, pada saat itu, Nabi Ibrahim diperintahkan oleh Allah untuk menyembelih putra kesayangannya, yaitu Nabi Ismail. Peristiwa ini terjadi pada hari Nahr (Idul Adha).

  7. Pintu untuk mendekatkan diri kepada Allah

    Berqurban juga menjadi pintu terbaik untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah. Kurban juga menjadi media dan bukti ketakwaan seorang hamba kepada penciptanya. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam Surat Al-Maidah ayat 27 yang menyebutkan bahwa Allah hanya akan menerima kurban dari orang-orang yang bertaqwa.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa berqurban memiliki keutamaan yang sangat besar. Maka dari itu, jika kamu mampu secara ekonomi, sangat dianjurkan untuk berkurban.

Demikian beberapa keutamaan berqurban Idul Adha. Mengingat keutamaan berkurban ini sangat banyak, sudah saatnya kita menyisihkan sebagian harta kita untuk berkurban. Dengan menyisihkan harta untuk berkurban, terdapat berbagai makna kebaikan di dalamnya.

Bagi kamu yang ingin Qurban dengan mudah di Kitabisa, caranya mudah, tepat sasaran dan diberikan pada mereka yang berhak. Ini saatnya berbagi agar mereka bisa bergembira di hari raya.

CP wa.me/6282136001011

BLOG POSTS

ALAMAT

Jl. Imogiri Barat Km 4,5 Randubelang RT 07 Bangunharjo Sewon Bantul
Phone: 0274370592 /081392472228
WA: 081392472228
Website: http://ammaqiqah.com
Email: febr_bagoes84@yahoo.com
BBM : DA47BCA0

JAM BUKA

Senin:
Selasa:
Rabu:
Kamis:
Jumat:
Sabtu:
Ahad:
07.00 s/d 21.00 WIB
07.00 s/d 21.00 WIB
07.00 s/d 21.00 WIB
07.00 s/d 21.00 WIB
07.00 s/d 21.00 WIB
07.00 s/d 21.00 WIB
07.00 s/d 21.00 WIB