Kami Menyediakan Kambing Untuk Aqiqah keluarga Anda

Kambing Untuk Aqiqah Keluarga – Amm aqiqah telah berdiri sejak 2013 dan hingga saat ini kami masi eksis untuk melayani aqiqah pada anak yang baru lahir, Banyak Respon dari pelanggan yang puas atas pelayanan kami dalam menghidangakan layanan aqiqah ini, bagi saudara atau Sanak kerabat yang belum aqiqah masih tergadai lohh…

Seperti di kutip dalam hadist, yang dikatakan “setiap anak tergadai dengan aqiqahnya di sembelih pada hari ketujuh dari kelahiranya, cukur (rambutnya) dan di beri nama (Hr abu dawud.At tirmidzi, ibnu majah) Semoga dari kalian Semua telah melaksanankan aqiqah untuk anak anda, jika belum maka anda bisa hubungi kami untuk GRATIS kunsultasi tentang aqiqah.

Hukum Dan Syarat Pelaksanaan Dalam Menyembelih Kambing Aqiqah

Islam sudah merencanakan segala hukum untuk umat nya, syarat dan ketentuan jelas untuk menjalankan suatu ibadah. Jadi pada dasarnya Aqiqah terdapat beberapa cara di ringkas dalam menjadi tiga hukum dalam proses pelaksanan menyembelihnya. Apa saja Hukum tersebut yaitu adalah sebagai Berikut:

Kambing untuk aqiqah

Hukum Menyembelih Kambing Untuk Aqiqah

Hukum Aqiqah adalah Sunnah Muakkad atau Sunnah yang memiliki keutamaan yang tinggi. Sangat penting bagi umat Islam yang mampu melakukan ini untuk melakukan aqiqah. Penggunaan aqiqah dapat dihilangkan bagi orang yang kurang mampu atau kurang mampu.

kata Rosulullah SAW. “Semua bayi digadaikan dengan aqiqahnya, pada hari ketujuh disembelih hewan (kambing), diberi nama dan dicukur rambutnya.” [Shahih, HR. Abu Dawud, Tirmidzi dan lainnya] Tujuan aqiqah dalam Islam adalah agar anak tumbuh secara fisik dan moral. Aqiqah juga termasuk sedekah.

Syarat Memilih Kambing Aqiqah

Dalam memilih sembelihan untuk aqiqah, hewan kurban harus seperti kambing atau domba yang sehat. Hewan kurban tidak boleh cacat dan tidak boleh lebih muda dari dua tahun.

Jumlah hewan ternak berbeda untuk bayi laki-laki dan bayi perempuan. Oleh Aisyah r.a. Rasulullah SAW bersabda: “Anak laki-laki diperlakukan dengan dua kambing yang sama dan anak perempuan dengan satu kambing.”

Kambing Aqiqah Di Sedekahkan

Daging aqiqah yang disembelih harus dibagikan kepada kerabat, sodara, dan tetangga. Berbeda dengan pembagian daging saat Idul Adha, daging aqiqah yang disumbangkan harus dalam keadaan matang dan tidak mentah.

Hadits Aisyah r.a.: “Disunnahkan dua ekor kambing untuk anak laki-laki dan seekor kambing untuk anak perempuan. Dia memasak tanpa mematahkan tulangnya. Kemudian makan (bersama keluarganya) dan sedekah pada hari ketujuh.” (HR al-Bayhaqi)

Keluarga yang memiliki hajat pun disunahkan untuk mengomsumsi daging hasil aqiqah. Daging yang hendak diberikan kepada tetangga dan fakir miskin adalah sepertiga dari hasil sembelihan.

Memberi Nama Pada Anak Lalu Mencukur Rambut

Proses pemberian nama dan pemotongan rambut bayi juga dianjurkan seperti dalam hadits Abu Dawud dan Tirmidzi di atas. Tentu pemberian nama harus baik, karena doa orang tua atas nama anak.

Memotong rambut juga sangat dianjurkan. Meskipun hukum aqiqah tidak menjelaskan cara mencukur rambut, namun sebaiknya dilakukan secara merata atau menyeluruh.

Doa Saat Aqiqah

Ada doa-doa yang bisa dipanjatkan saat prosesi aqiqah. Dimulai dengan doa saat menyembelih hewan kurban, doa perlindungan bayi dan doa anak sholeh atau shalehah. Salah satu doa yang bisa kita panjatkan adalah doa Nabi Ibrahim sebagaimana tercantum dalam QS. Ass-Shaffat ayat 100, yang berbunyi: “Ya Tuhanku, berilah aku anak yang saleh.”

Karena hukum aqiqah merupakan sunnah muakkad, maka umat Islam yang tidak mampu tidak perlu merasa terbebani. Di sisi lain, tentu sangat penting bagi umat Islam yang mampu melakukannya. Ini adalah bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT. Nah, bentuk lain dari rasa syukur adalah memberi.

Definisi Aqiqah Dalam Islam

kambing untuk aqiqah

Dalam bahasa Arab kata aqiqah berarti memotong, namun aqiqah juga sering diartikan sebagai hewan yang disembelih. Selain itu, sebagian ulama juga mengartikan aqiqah sebagai mencukur rambut bayi yang baru lahir pada hari ketujuh, keempat belas, atau kedua puluh satu setelah lahir.

Pada dasarnya, berdasarkan istilah, aqiqah adalah penyembelihan hewan, biasanya dilakukan setelah bayi baru lahir lahir atau ketika kepala dicukur pertama kali pada hari ketujuh, keempat belas, atau kedua puluh satu.

Hewan yang disembelih saat Aqiqah adalah kambing, jika bayinya laki-laki maka harus diganti dengan dua ekor kambing, sedangkan Aqiqah anak perempuan hanya menyembelih satu ekor kambing. Beli Kambing Untuk Aqiqah Sekarang

Dasar Hukum Aqiqah

Sebagai Sunnah atau anjuran Nabi Muhammad SAW, umat Islam wajib mengamalkan Aqiqah, meskipun Aqiqah hanya diperuntukkan bagi yang mampu menyembelih hewan Aqiqah yaitu kambing. Dengan kata lain, aqiqah wajib bagi yang mampu. Namun jika tidak mampu menyembelih hewan aqiqah karena tidak memiliki harta, maka hukumnya sunnah

Berikut ini adalah beberapa dalil hadits Nabi Muhammad SAW yang menjadi landasan hukum atau dasar pelaksanaan aqiqah. Dari Samurah bin Jundab ia berkata: Rasulullah bersabda: “Semua bayi digadaikan dengan aqiqahnya, pada hari ketujuh disembelih seekor hewan (kambing), diberi nama dan dicukur rambutnya.” [. Abu Dawud, Tirmidzi, Nasa’i, Ibnu Majah, Ahmad]

Anak-anak digadaikan (dikunci) dengan aqiqahnya, pada hari ketujuh disembelih untuk mereka, dicukur kepalanya dan diberi nama. ”[HR Ahmad]

Tentang Aisyah dia berkata: Rasulullah bersabda: “Bayi itu diperlakukan dengan dua kambing yang sama dan bayi dengan satu kambing.” [HR. Ahmad, Tirmidzi, Ibnu Majah]

Dari Salman bin ‘Amir Ad-Dhabiy dia berkata: Rasulullah bersabda: “Aqiqah dilakukan karena kelahiran bayi, maka sembelih hewan itu dan singkirkan semua gangguan darinya.” [Hadits diriwayatkan dari Bukhari]

“Mesin Pemotong Tulang Kambing”

Hikmah Dalam Melaksanakan Aqiqah

Kebijaksanaan dalam melakukan acara aqiqah untuk anak merupakan bentuk taqarrub (mendekatkan diri) kepada Tuhan, yang juga dapat diartikan sebagai bentuk rasa syukur atas karunia seorang bayi yang baru lahir. Aqiqah juga dipandang sebagai cara untuk berbagi kebahagiaan yang dimiliki orang tua dan keluarga bayi dengan menerapkan hukum Islam.

Tinggalkan Balasan

BLOG POSTS

ALAMAT

Jl. Imogiri Barat Km 4,5 Randubelang RT 07 Bangunharjo Sewon Bantul
Phone: 0274370592 /081392472228
WA: 081392472228
Website: http://ammaqiqah.com
Email: febr_bagoes84@yahoo.com
BBM : DA47BCA0

JAM BUKA

Senin:
Selasa:
Rabu:
Kamis:
Jumat:
Sabtu:
Ahad:
07.00 s/d 21.00 WIB
07.00 s/d 21.00 WIB
07.00 s/d 21.00 WIB
07.00 s/d 21.00 WIB
07.00 s/d 21.00 WIB
07.00 s/d 21.00 WIB
07.00 s/d 21.00 WIB